karnenirsud@gmail.com (0355) 5351501
Berita & Artikel • Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kegaw...

Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kegawatdaruratan, Rsud Campurdarat Dr. Karneni Mengadakan Acara Seminar Kesehatan

Berita

Jumat, 22 Des 2023

6 bulan yang lalu

Keadaan Gawat Darurat adalah keadaan klinis yang membutuhkan tindakan medis segera untuk penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan. Kemampuan penanganan kegawatdaruratan intrafasilitas pelayanan kesehatan dapat berbeda sesuai sumber daya manusia, sarana dan prasarana, obat dan bahan medis habis pakai, serta alat kesehatan.

RSUD Campurdarat dr. Karneni bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Dalam kerjasama tersebut menghasilkan sebuah acara Seminar Kesehatan yang bertajuk "Emergency in Daily Clinical Practice." Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (21/12/2023) di Aula Karangkadempel RSUD Campurdarat dr. Karneni, acara tersebut juga merupakan sebuah rangkaian perayaan HUT RSUD Campurdarat dr. Karneni yang pertama.

Direktur RSUD Campurdarat dr. Karneni, dr. Rio Ardona, MMRS, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan manfaat bagi tenaga kesehatan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam pengembangan tema, RSUD Campurdarat Dr. Karneni berkolaborasi dengan dokter spesialis terkait pelayanan pre-hospital atau pasien yang belum masuk rumah sakit. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kondisi pasien sebelum mereka tiba di rumah sakit.

Seminar kesehatan ini melibatkan 80 peserta dari IDI dan 164 peserta dari unsur PPNI. dr. Rio Ardona, MMRS mengungkapkan bahwa terdapat 11 materi dalam seminar ini, dengan 9 materi dari IDI dan 2 materi dari PPNI. Pendekatan yang komprehensif diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada para peserta.

Ketua IDI Cabang Tulungagung, Dr. M. Yogyiopranoto, SP.B, Finach, menyatakan bahwa seminar ini sangat baik karena dapat meningkatkan wawasan ilmuan bagi para dokter di Tulungagung. Tema utama, yakni kegawatdaruratan, dianggap perlu dipahami dengan baik oleh para dokter sebelum merujuk pasien ke Rumah Sakit. Hal ini terkait dengan manajemen pre-hospital yang harus dilakukan dengan cermat guna memastikan pelayanan yang optimal bagi pasien.

Seminar kesehatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, terutama dalam situasi kegawatdaruratan. Melalui kolaborasi antara RSUD Campurdarat dr. Karneni, IDI, dan PPNI, diharapkan para tenaga kesehatan dapat lebih siap dan terampil dalam menangani situasi darurat kesehatan di kehidupan sehari-hari.

Acara tersebut juga ditayangkan secara langsung melalui channel youtube RSUD Campurdarat dr. Karneni.

ANGREM RSUD CAMPURDARAT

Angrem RSUD Campurdarat merupakan pelayanan yang dilakukan untuk mempermudah pasien melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan cara mendaftar secara online. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Pendaftaran Online Angrem RSUD Campurdarat yang diunduh melalui playstore.

© RSUD Campurdarat . All Right Reserved.